pedoman ppdb online

Menindaklanjuti Surat Keputusan Bupati Penukal Abab Lematang Ilir Nomor: 208/KPTS/DISDIK-II/2020 tanggal 6 April 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-kanak/Sederajat, Sekolah Dasar/Sederajat, dan Sekolah Menengah Pertama/Sederajat di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun Pelajaran 2020/2021, sebagai pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru. Untuk itu kami sampaikan Jadwal Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021, sebagai berikut:

No.

KEGIATAN

TANGGAL

1.

Pengumuman Pendaftaran PPDB

4 – 6 Mei 2020

2.

Pendaftaran PPDB

11 Mei – 20 Juni 2020

3.

Seleksi Sesuai dengan Jalur Pendaftaran

22 – 27 Juni 2020

4.

Pengesahan Peserta Didik Baru

29 Juni – 3 Juli 2020

5.

Pengumuman Penetapan Peserta Didik Baru

 4 Juli 2020

6.

Daftar Ulang PPDB

6 – 7 Juli 2020

7.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

9 – 10 Juli 2020

8.

Hari Pertama Masuk Sekolah

13 Juli 2020

2. Mekanisme Pendaftaran PPDB dilakukan dengan dua cara :

a.Dalam Jaringan (Daring/Online)

  • Melalui aplikasi Whatsapp, Google docs, atau sejenisnya, (tidak dilaksanakan tatap muka) pada satuan pendidikan.

b.Luar Jaringan (Luring/Offline)

  • Dalam hal tidak tersedia fasilitas jaringan maka PPDB dilaksanakan melalui mekanisme luar jaringan (luring) dengan cara berkoordinasi dengan kepala satuan pendidikan dan/atau pemerintahan desa/kelurahan dalam satu wilayah Zonasi, dalam hal pengumpulan data calon peserta didik baru atau hal lain yang berhubungan dengan PPDB dengan tetap berpedoman pada protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19.

3. Pengumuman Penetapan Peserta Didik Baru :

a. Pengumuman Penetapan peserta didik baru dilakukan secara daring/online oleh sekolah masing-masing, kecuali bagi sekolah yang melakukan PPDB secara luring/offline pengumuman dilakukan dengan cara menginformasikan penetapan peserta didik baru kepada kepala satuan pendidikan dan/atau pemerintahan desa/kelurahan dalam satu wilayah Zonasi.

b. Pengumuman penetapan peserta didik baru harus mencamtumkan keterangan calon Peserta Didik Baru diterima melalui jalur pendaftaran PPDB (Zonasi, Afirmasi, Mutasi, atau Prestasi).

4. Bagi sekolah yang melakukan proses seleksi calon peserta didik baru diluar jadwal yang ditetapkan berdasarkan surat edaran ini agar melapor kepada Dinas Pendidikan.

Demikian untuk menjadi perhatian agar dilaksanakan sebagaimana mestinya, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Plt.

Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

KAMRIADI, S.Pd., M.Si

NIP. 197008171997031007

Tembusan :

1.Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (Sebagai Laporan).

2.Inspektur Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

3.Arsip

Edaran Kepala Dinas PPDB – 23 April 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *