Sehubungan dengan dibatalkannya Ujian Nasional Tahun 2020 melalui Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor  4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan Surat Edaran Bupati Penukal Abab Lematang Ilir Nomor: 360/88/BPBD-3/2020 tanggal 17 Maret 2020 Tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, serta melihat situasi penyebaran Covid-19 yang masih terjadi, dengan ini kami sampaikan kepada saudara Kepala Sekolah hal-hal sebagai berikut:

  1. Membuat Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Penetapan Kelulusan Siswa Kelas IX Tahun Pelajaran 2019/2020 yang diserahkan kepada Dinas Pendidikan;
  2. Tidak melaksanakan kegiatan pelepasan siswa kelas IX atau kegiatan sejenisnya;
  3. Melarang siswa melakukan convoi serta coret-coret pakaian seragam sekolah;
  4. Menghimbau siswa agar buku dan/atau pakaian yang masih layak pakai untuk disumbangkan kepada yang memerlukan melalui sekolah;
  5. Melaksanakan pengumuman kelulusan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu 5 Juni 2020 dengan ketentuan: a. Dimulai pukul 17.00 WIB; b. Dilaksanakan secara daring melalui website, media sosial seperti Whatsapp, SMS dan atau bentuk aplikasi lainnya.
  6. Kepala Sekolah wajib mengeluarkan Surat Keterangan Lulus bagi siswa yang dinyatakan lulus seperti format terlampir;
  7. Menerapkan protokol kesehatan pada saat pembagian Surat Keterangan Lulus, sertifikat dan/atau LHB / Ijazah yaitu: a.Membuat dan menetapkan jadwal pembagian menyesuaikan jumlah rombel dan jumlah peserta didik meliputi: hari/tanggal, waktu, tempat, dan Petugas Pembagian; b.Menyediakan wastafel/tempat cuci tangan, sabun, dan/atau handsanitizer; c.Mewajibkan kepada seluruh pihak yang masuk ke dalam lingkungan sekolah untuk menggunakan masker, memeriksakan suhu badan dan menerapkan physical dan social distancing di sekolah; d.Melakukan pengaturan pada kursi dan meja untuk pengambilan berkas sesuai dengan protokol kesehatan dengan jarak 1 sampai 2 meter, serta melarang adanya kerumunan; e.Menginstruksikan kepada peserta didik yang telah menerima berkas untuk langsung pulang ke rumah.

Demikian untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Kamriadi, S.Pd., M.Si.

Pembina IV/a

NIP. 197008171997031007

 

Tembusan Yth :

  1. Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (Sebagai Laporan);
  2. Kepala Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir
  3. Inspektorat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ;
  4. Arsip

Dokumen Terkait:

Edaran Kepala Dinas Pendidikan – Tentang Pengumuman Kelulusan SMP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *