Nama:Puja Miranda Panjaitan
NIM:191541045
Jurusan:Kriya
Prodi:Desain Mode Batik
Universitas:Institut Seni Indonesia Surakarta

Saya secara pribadi megucapkan terimakasih kepada pemerintah Daerah Kabupaten PALI yang telah mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk beasiswa mahasiswa, serta ucapan terimakasih kepada dinas pendidikan. Saya sendiri tidak menyangka akan mendapat beasiswa sehingga dapat mengikuti pendidikan di Institut Seni Indonesia Surakarta.

Sebelum penetapan penerima mahasiswa kami mengikuti serangkaian tes tertulis dan wawancara yang langsung dihadiri pihak Institut Seni Indonesia Surakarta. Pihak Institut Seni Indonesia Surakarta datang ke Kabupaten PALI dan bertanya langsung kepada calon mahasiswa. Awalnya saya sempat mundur untuk tidak melanjutkan kuliah karena keluarga tidak menyanggupi biaya perkuliahan. Namun, Semangat saya berkuliah begitu besar saat mendengar informasi ada beasiswa dari Pemkab PALI Saat itu hati kecil saya berkata “Ayo ikut, ayo coba, ada kesempatan emas. ”Pihak sekolah (SMAN 2 Unggulan Talang Ubi dan teman-teman saya mendukung untuk ikut, Akhirnya saya mengikuti tes secara diam-diam tanpa diketahui pihak keluarga. Hal ini saya lakukan karena orang tua sempat pesimis untuk bisa membiayai pendidikan tinggi.

Saya mencoba mengikuti rangkaian tes dan akhirnya saya dinyatakan lulus seleksi dan tercantum sebagai siswa yang mendapat-kan beasiswa Pemkab PALI. Saya begitu menikmati kota Solo, terdapat banyak  mural (lukisan di dinding rumah/bangunan) dan banyak patung, salah satunya Patung Empat Sekawan (Petrok, Bagong, Semar,dan Gareng). Pantas saja jika kota ini disebut kota bergambar. Ada rasa takut saat pertama memasuki gerbangkampus. Saya mendapatkan banyak teman yang berasal dari berbagai daerah, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua ada di sini.

Institiut Seni Indonesia Surakarta terbagi menjadi dua kampus, yang pertama berada di Jebres yang merupakan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) dan satunya Falkutas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang berada di Mojosongo. Kampus seni merupakan kampus yang tak kenal waktu dikarenakan banyak sekali kegiatan yang dilakukan baik disiang hari maupun dimalam hari, bahkan tak jarang sampai menjelang subuh. Mahasiswa harus mempunyai tenaga ekstra untuk tetap fokus menjalankan tugas. Kami senang bisa menuntut ilmu di Institut Seni Indonesia Surakarta. Semangat kami menyala saat melihat begitu banyak mahasiswa lain dengan latar belakang yang berbeda.

Saya sangat bersyukur karena mendapat beasiswa yang tentu saja membuat beban orangtua semakin ringan. Saya pun dapat mengikuti tugas perkuliahan dengan baik. Saya bersyukur karena di kota ini biaya hidup bisa dibilang tidak terlalu tinggi. Biaya makan lebih murah dibanding di Sumatera. Denagn keyakinan dan tekat yang kuat  Yang Maha Kuasa akan selalu membantu hamba-Nya. Sekarang, saya telah memasuki semester 3, Dan alhamdulillah saya lolos dalam mengikuti Program mahasiswa Wirausaha di kampus, saya dan tim mendapatkan dana 15 juta untuk berwirausaha. Terima kasih Pak Bupati, Pak Heri Amalindo, yang telah menjembatani kami berada di Institut Seni Indonesia Surakarta. Semoga Kabupaten PALI semakin maju dan sejahtera, amin.

One Thought on “Miranda: Terima kasih Pak Bupati, Pak Heri Amalindo”

  • Saya secara pribadi mengucapkan trimaksih kepada pemerintah daerah kabupaten pali yang telah mengalokasikan anggaran pendapatan dan belanja daerah(APBD)untuk beasiswa mahasiswa,serta ucapan terimasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *